Pentingkah memiliki asuransi perjalanan

Saat melakukan perjalanan, kerap terjadi hal-hal tak terduga di luar perencanaan. Mungkin kejadian yang menguntungkan, mungkin juga kejadian yang tak diharapkan. 

Asuransi perjalanan atau travel insurance hadir untuk mengurangi risiko kerugian finansial akibat kejadian tak terduga yang terjadi selama dalam perjalanan. Kita masih memandang sebelah mata pentingnya asuransi perjalanan. Membayar premi untuk hal yang belum tentu terjadi dianggap sebagai kesia-siaan. 

Padahal, ada beragam manfaat asuransi perjalanan yang bisa membuat perjalanan menjadi lebih nyaman. Masih banyak yang belum tahu kalau asuransi perjalanan tak sekadar memberikan perlindungan kecelakaan saat di jalan.

Sebutlah, pesawat yang kamu tumpangi mengalami keterlambatan, pembatalan penerbangan, kehilangan bagasi, sakit pada waktu dinegeri orang, bahkan kecelakaan berat hingga meninggal yang memerlukan evakuasi. Tahukah kamu, bahwa kejadian-kejadian seperti itu bisa masuk dalam perlindungan asuransi perjalanan? 

Beberapa negara mewajibkan kamu untuk punya asuransi perjalanan. Misalnya, jika berpelesir ke wilayah lain, seperti ke Eropa, kamu harus memiliki asuransi perjalanan untuk bisa mendapatkan Visa Schengen.

Jika masih ragu dan ingin mengetahui manfaat asuransi perjalanan lebih jauh, khususnya bagi kamu yang sering berpergian, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.
 

Apa itu asuransi perjalanan?. 

 

asuransi perjalanan

 

Asuransi perjalanan adalah asuransi yang memberikan perlindungan terhadap risiko-risiko yang menyebabkan kerugian finansial selama perjalanan berlangsung. Travel insurance tak hanya menjamin pemegang polis, tapi juga barang-barang kepemilikannya selama bepergian.

Ada beragam risiko yang mungkin dialami, mulai dari kategori ringan, seperti kehilangan tas, terserang penyakit di negara tempat berlibur, hingga yang mengancam keselamatan jiwamu. 

Belum lagi, ongkos medis di negara lain, terutama negara-negara maju, terhitung cukup mahal. Dengan travel insurance, otoritas di lokasi wisata pun akan lebih mudah memberi bantuan

Mengapa kamu perlu perlindungan asuransi?

Bepergian tanpa membekali diri dengan asuransi perjalanan sekilas tampak tak berisiko. Selama tak ada kejadian merugikan, seperti terserang penyakit di negara tujuan, kecopetan, dan sebagainya, perjalanan akan aman sesuai rencana.

Tapi, siapa yang bisa menjamin kejadian-kejadian tersebut tak akan menimpamu? Sementara, ada banyak keuntungan dan alasan penting untuk memiliki asuransi perjalanan. Berikut ini di antaranya.


1. Menanggung biaya perawatan medis

Bayangkan jika saat liburan, kamu terserang penyakit dan harus mendapatkan perawatan medis. Bukan tidak mungkin perawatan yang dilakukan membutuhkan biaya yang besar. Travel  Insurance akan menanggung biaya perawatan medis jika kamu mengalami kecelakaan, terserang penyakit, atau harus melakukan konsultasi dengan dokter.

2. Kompensasi keterlambatan atau pembatalan perjalanan

Keterlambatan hingga pembatalan keberangkatan tentu bisa membuatmu menjadi tidak nyaman. Bahkan, bisa jadi rencana yang telah kamu buat jadi berantakan. Sebagai kompensasi, perusahaan asuransi akan memberikan ganti rugi berupa penginapan gratis atau kompensasi lainnya, tergantung kepada peraturan perusahaan asuransi terkait.

3. Santunan atas kematian

Travel insurance tidak hanya bermanfaat bagi pemegang polis alias tertanggung, namun juga bagi keluarga terkait. Misalnya, jika pemegang polis meninggal dunia dalam perjalanan, perusahaan asuransi akan memberikan santunan atau sumbangan kematian kepada keluarga yang ditinggalkan.

Santunan atas kematian diharapkan dapat meringankan beban finansial keluarga yang ditinggalkan, terutama jika pemegang polis merupakan pencari nafkah utama dalam keluarga.

4. Kerusakan bagasi dan kehilangan barang pribadi

Risiko kerusakan koper hingga kehilangan barang pribadi saat berada di transportasi bisa menimpa siapa saja. Untuk itu, perusahaan asuransi akan menanggung kerugian yang timbul akibat kerusakan atau kehilangan bagasi sesuai dengan ketetapan yang berlaku.

5. Perlindungan rumah yang ditinggalkan

 

Asuransi perjalanan juga dapat memberikan perlindungan untuk rumah yang ditinggalkan selama perjalanan. 
 

6. Biaya pemulangan jenazah

Tahukah kamu bahwa di beberapa negara, dibutuhkan biaya yang cukup mahal untuk memulangkan jenazah ke negara asal? Jika hal ini terjadi pada nasabah asuransi perjalanan, biaya tersebut akan ditanggung perusahaan asuransi sehingga tidak akan memberatkan keluarga yang ditinggalkan.

7. Biaya kunjungan keluarga

Jika tertanggung dirawat di rumah sakit saat melakukan perjalanan ke luar negeri, perusahaan asuransi juga dapat meng-cover biaya akomodasi kerabat atau salah satu keluarga yang berkunjung untuk menemani tertanggung selama menjalani perawatan.

travel abroad